gravatar

YPPI-Dinsos Surabaya, Penilaian PSM Berprestasi

YPPI dipercaya oleh Dinas Sosial yang berada di Jl Kedungsari untuk memberikan penilaian kepada 10 Pekerja Sosial Masyarakat berprestasi se-Kota Surabaya, bersama 3 juri lainnya dari FK-PSM dan dari Tunas Bangsa.

YPPI ditunjuk sebagai Juri dengan harapan akan dapat menindak lanjuti PSM yang berprestasi dalam pemberdayaan masyarakat bidang pendidikan melalui berbagai aktivitas perpustakaan. Hal yang menarik dari kerjasama ini, adalah umumnya PSM sudah mengenal YPPI sebelumnya dan sebagian memang sudah ada yang mendapatkan bantuan buku dari YPPI.

Kegiatan dilakukan selama dua hari yaitu 14 dan 15 Juni, di 9 kecamatan dimana PSM tersebut berada dan di 10 desa.

Pemenang Juara I-II-III dan harapan adalah sbb
1. Ibu Mariyani dari Banyuurip Sawahan Surabaya,
2. Bpk. Jatnha Gatta dari Kertajaya Gubeng,
3. Ibu Sri Musilowati Bulakbanteng Kenjeran
4. Ibu Sri Wahyu Subroto Pagesangan Jambangan

Penilaian didasarkan pada 4 kriteria, yaitu Administrasi, Penyelesiaan Masalah PMKS, Penerimaan masyarakat, dan Jaringan.

Sebenarnya masalah PSM ini masih mesti banyak pembenahan, ada 3 kategoro PSM, ini hasil pengamatan juri yaitu :

1. PSM konvensional, yang bekerja atas dasar dana pribadi dan masyarakat sekitar

2. PSM berjejaring, yang memiliki jaringan dengan lembaga terkait untuk memudahkan menyelesaikan masalah

3. PSM Profesional yang bekerja membantu masyarakat sudah atas dasar kerjasama/sponsor, PSM ini uga sudah memahami akar masalah, tidak sekedar menyelesaikan masalah tapi sudah bisa mencabut akar permasalahan yang terjadi.

Rekomendasi Juri kepada Dinas Sosial sebagai penyelenggara ada 4 hal yaitu :
  1. Menyamakan Pemahaman PSM
  2. Kriteria Penilaian harus memiliki specifikasi: usia, Type PSM  
  3. Dinsos hendaknya melakukan Pembinaan lebih intensif 
  4. Untuk mendapatkan data PSM, Dinsos bekerjasama dengan NGO  
  5. Dinsos menfasilitasi PSM untuk berjaringan dengan Corporate

 Rekomendasi ini diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada PSM diantaranya adalah :
  1. Banyak PSM yang tidak up date data kegiatan  
  2. PSM Belum menyadari pentingnya sebuah Pendokumentasian
  3. Masih ada masyarakat yang mencurigai atas perbuatan baik tersebut  
  4. Masalah yang ditangani bersifat Umum, tidak spacifik PMKS  
  5. Konflik interes dengan pihak aparat kelurahan  
  6. Masyarakat lebih mengenal sebagai Kader Pos Yandu, sehingga lebih banyak menangani masalah aspek kesehatan
Semoga PSM berprestasi bisa meng-aktualisasi diri lebih baik lagi, membawa dampak perubahan pada lingkungannya dalam menyelesaikan permasalahan PMKS secara profesional. Dan Lomba tahun depan lebih qualifide lagi, selamat dan sukses kepada pemenang dan kepada Dinas Sosial kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya, salam sukses dan membawa manfaat.

Support

Direktur: Haryanti trini

Koord Program: Wahyu Kurniawan

Dev. Financial: Abu Hasan

Dev. IT:

:: Tulisan Paling Terpopuler ::

Agenda dan Kegiatan Rutin YPPI

Stop Over

  • Pemutaran Film
  • Diskusi
  • Ketrampilan Taman Belajar Masyarakat
  • Bakti Sosial
  • Penguatan Kelembagaan
  • Soft Skill
  • Pengembangan unit usaha (Fundrising)

Employee Library

  • Bedah Buku
  • Diskusi Rutin
  • Reward Peminjam terbanyak

Rumah Kreatif

  • Mendongeng
  • Ketrampilan untuk Perempuan
  • Bedah Buku Sudut Baca
  • Berbagai Lomba penulisan
  • Pemutaran film