gravatar

PROFIL

Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI)

logo-YPPI copy

1. Sejarah Singkat

YPPI berdiri pada tanggal 10 Januari 2007 di Jakarta. Merupakan Lembaga non profit yang berusaha memberikan layanan dan pendampingan bagi masyarakat. Bergerak dibidang peningkatan minat baca masyarakat dengan berkonsentrasi pada menagemen perpustakaan untuk masyarakat.

Selama hampir dua tahun YPPI bekerja sama dengan mitra yang memiliki konsen terhadap pengembangan budaya baca dan pencerdasan masyarakat melalui jalur perpustakaan. Kemitraan berawal pada tahun 2006 dengan Bank Indonesia untuk mendapingi masyarakat di Kuningan Jawa Barat , kemitraan dengan Bank Indonesia juga berlanjut di awal tahun 2009 untuk mengelola Rumah Kretif di Desa Cipelang Cijeruk Kabupaten Bogor. Tahun 2007, YPPI dipercaya oleh Exxon Mobile untuk mendesain program pengembangan minat baca dalam bentuk program Mobil Layanan Informasi yang memenuhi kebutuhan koleksi masyarakat Bojonegoro.

Awal 2008 sampai saat ini YPPI mengemban amanat PT HM Sampoerna Tbk. untuk mengawal Program Pustaka Sampoerna pada dua wilayah geografis sekaligus, Surabaya dan Pasuruan. YPPI juga menjalin kemitraan dengan JOB Pertamina Hess untuk membangun Program Pustaka Bersama di daerah Musi Banyuasin Sumatra Selatan. Pada bagian lain, YPPI juga tetap berkomunikasi dan mendukung sepenuhnya berbagai organisasi ke-pustakawanan seperti KPI, ISIPII, dan 1001 buku.

Visi YPPI

“Pencerdasan masyarakat melalui pemberdayaan perpustakaan”

Misi YPPI

1. Perpustakaan yang berkelanjutan

2. Perubahan Masyarakat atas pemberdayaan perpustakaan

3. Peran serta semua pihak dalam pencerdasan masyarakat dan pemberdayaan perpustakaan

Direktur

Trini Haryanti

Berpengalaman dalam bidang pengembangan dan peningkatan perpustakaan sesuai dengan model dan jenis pengembangannya. Memiliki integritas kerja yang tinggi dan dapat memberikan semangat kerja pada bawahannya dalam berorganisasi.

Divisi-Divisi

b. Divisi Program

Manager: Ida Rochmawati

Devisi Program adalah ruh YPPI, devisi ini bertugas membuat dan menyusun program-program pengembangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan mitra, mengatur dan memastikan kegiatan tersebut tetap berjalan secara ideal. Devisi ini didukung tim handal dan solid dengan 6 pustakawan, serta para volunteer yang punya idealitas tinggi dalam program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat. Beberapa program yang berjalan di antaranya adalah; TBM (Taman Belajar Masyarakat), Stop Over (Mobil Perpustakaan Keliling), Pendampingan, dan Kegiatan Pembelajaran.

c. Divisi Accounting dan Financial

Manager: Abu Hasan

Devisi ini mengatur seluruh keuangan organisasi. Menjamin keberlangsungan kebutuhan finansial lembaga. Dimenejeri oleh akuntant yang berpengalaman dan detail dalam analisis keuangan organisasi.

d. Divisi Human Resource Development

Manager: Abu Hasan

Devisi ini mempunyai fungsi yang sangat vital dalam mengontrol kebutuhan sumberdaya organisasi. Memberikan penilaian dan analisis terhadap kinerja sumberdaya sehingga dapat menjadi tulang punggung organisasi yang profesional. Dimenejeri oleh seorang yang telah berpengalaman dalam bidang HRD dan detail dalam analisis kinerja individual.

e. Divisi Data Base

Manager: Yudo Kurniawan

Fokus organisasi dalam pengembangan perpustakaan di Indonesia sangat membutuhkan pengelolaan data yang baik dan efisien. Keberadaan devisi database menjadi sangat vital untuk menunjang proses menejemen data base. Devisi ini menjadi dasar dari fungsi-fungsi klasifikasi data yang dimiliki organisasi, sehingga pengolahan dan pengelolaan dapat terfokus serta sesuai dengan kebutuhan. Dimenejeri oleh ahli database yang telah menguasai dasar-dasar klasifikasi perpustakaan dan menguasai program-program (software) penunjang database.

f. Divisi Information Technology

Manager: Hizbulloh Huda

Konteks zaman yang mengarah pada basis teknologi informasi, mengantarkan YPPI untuk selalu menyesuaikan diri. Memanfaatkannya untuk menunjang kinerja organisasi agar lebih efisien. Devisi ini mengatur kebutuhan teknologi Informasi bagi organisasi, memastikan pemanfaatan tersebut berfungsi secara optimal dan benar-benar menunjang percepatan akses informasi baik internal maupun eksternal. Mengelola sebaran informasi organisasi pada media informasi cetak maupun online. Dikelola oleh tim yang menguasai pemanfaatan dan pengelolaan teknologi informasi baik cetak maupun online.

Program Kerja YPPI

1. Mengembangkan Perpustakaan di tingkat masyarakat dengan berbagai aktivitas

2. Meningkatkan minat baca, tulis dan kreativitas komunitas masyarakat

3. Berjaringan dengan berbagai stake holder dalam program pengembangan perpustakaan di Indonesia

4. Bersama Pustakawan dan berbagai organisasi dan lembaga kepustakawan Indonesia berupaya mendorong pertumbuhan berbagai aktivitas perpustakaan

Dalam menjalankan program kerja, YPPI, bekerja secara professional, mengutamakan progress kegiatan untuk kemajuan masyarakat. YPPI bekerja dengan melibatkan seluruh stake holder yang ada baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional, serta menjamin keharmonisan jaringan yang saling menguntungkan.

Fokus Kegiatan YPPI

a. Mobil Pustaka Keliling

Mitra YPPI telah memberi kesempatan dan kepercayaan besar kepada YPPI untuk tumbuh berkembang dan melangkah maju. YPPI mempertanggungjawabkan dana yang telah mereka percayakan kepada YPPI untuk diolah. Ketiga mobil ini adalah mobil pustaka keliling yang merupakan implementasi Tanggung Jawab Sosial (CSR) dari

PT. HM Sampoerna, EXXON Mobile dan JOB-Pertamina-HESS. Dengan mobil ini YPPI melakukan pelayanan kepada seluruh element masyarakat, bahkan di daerah terpencil. Dengan membawa ratusan hingga ribuan buku yang disertai peralatan multi media di dalamnya, staf YPPI melayani masyarakat dengan ramah, professional dan bertanggung jawab. Aktivitas interaktif dan medidik juga diberikan oleh staf selain melayani peminjaman buku yang terekam dalam manajemen yang rapi.

b. Taman Belajar Masyarakat

Taman Belajar Masyarakat (TBM) dan Sudut Baca adalah salah satu tempat pembelajaran masyarakat melalui bahan bacaan yang tersedia di dalamnya. Kehadiran TBM atau sudut baca untuk memenuhi kebutuhan bahan bacaan yang selama ini susah dijangkau oleh masyarakat. Adanya permintaan dari berbagai pihak yang berkepentingan dan membutuhkan kehadiran buku-buku untuk penunjang pemenuhan informasi, yang tidak bisa dipenuhi oleh Mobil Pustaka, maka YPPI bersama mitra membangun Taman Belajar Masyarakat ataupun Sudut Baca di beberapa wilayah pedesaan dan perkotaan.

Diharapkan masyarakat tidak hanya melakukan aktivitas baca, namun juga melakukan banyak pembelajaran di TBM–TBM ini. TBM juga menjadi pusat kegiatan pembelajaran masyarakat di berbagai tempat selama beberapa tahun secara berkelanjutan. Bangunan dari TBM dan sudut baca, adalah fasilitas –fasilitas umum yang tidak lagi dipakai, atau telah disetujui oleh penduduk sekitar untuk dijadikan sebagai tempat belajar bagi masyarakat umum dan sekitar. Seluruh mitra YPPI berkomitmen dalam membangun platform pendidikan, pengembangan skill dan potensi diri. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara konsep dasar Sudut Baca dan Taman Belajar Masyarakat.


c. Pendampingan

Tidak hanya membangun Taman Baca Masyarakat dan sudut baca, di tempat YPPI bekerja, secara simultan YPPI menyelenggarakan program–program pembelajaran. YPPI mendorong proses pencerdasan masyarakat melalui bahan bacaan yang tersedia dengan berbagai aktivitas pembelajaran. Tujuan jangka pendek YPPI adalah memberikan layanan perpustakaan yang lebih baik, membangun mind set global masyarakat, agar dapat menatap masa depan yang lebih baik. Sedangkan tujuan jangka panjang YPPI adalah meningkatkan kondisi sosial-kultur masyarakat yang melek informasi dan berdampak pada sustainbility kehidupan masyarakat yang lebih baik

Perpustakaan sekolah juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam program pengembangan bagi YPPI dalam skala integritas program yang merupakan komponen terpenting bagi masyarakat dalam peningkatan kecerdasan masyarakat melalui sektor formal.

d. Pelatihan

YPPI memberikan berbagai pelatihan terkait dengan layanan dan manajemen perpustakaan baik di tingkat komunitas, pustakawan maupun kelompok lain yang berminat mengembangkan perpustakaan. Pelatihan yang diselenggarakan dilengkapi dengan modul dan trainer yang berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.

e. Kegiatan P embelajaran

Kegiatan dibidang pembelajaran, sangat bermanfaat terutama bagi masyarakat , karena dengan memberikan pembelajaran pada bidang-bidang tertentu, masyarakat dap at mengambil manfaatnya sehingga dapat dijadikan bahan kreatifitas yang bernilai.

Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan YPPI berkaitan langsung dengan berbagai layanan baca bagi masyarakat. Dengan berkonsentrasi pada peningkatan minat baca bagi mas yarakat, kegiatan pembelajaran ini bisa disebut sebagai upaya langsung kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kemampuannya . Kegiatan ini dilaksanakan hampir di semua sektor layanan yang dilaksanakan YPPI.

f. Publikasi Media

Dalam pengembangan minat baca untuk masyarakat, YPPU juga tidak lupa untuk menunjang peningkatan kualits menulis untuk masyarakat. Demi mengembangkan hal tersebut, YPPI merbitkan Buletin dan Situs yang menjadi media antar masyarakat dalam berkomunikasi dan mengasah ketrampilan menulis. Aspek-aspek informasi yang menyertai kegiatan mereka, ditulis dan dipublikasikan pada media publikasi tersebut. Adapun media publikasi ini diantaranya adalah;

Program Terlaksana

Kemitraan

Area Kerja YPPI berada di seluruh wilayah Indonesia, Pengalaman Kerja di bidang Perpustakaan dimulai sejak tahun 2000 dengan berbagai mitra kerja di antaranya :

NO

TAHUN

PARTNER

PROGRAM

LOKASI

1

Maret 2007

Bank Indonesia - Jakarta

Program Pembangunan Perpustakaan Sekolah

 

Desa Mekar Jaya, Kecamatan Cimahi, Kuningan Jawa Barat

2

October 2007-Maret 2009

Exxon Mobile

 

Mobil layanan Informasi (MOLI), dengan dua unit mobil service

Sembilan Desa di 2 Kecamatan- Bojonegoro

11 Stop Over di Banyu Urip dan …di Kota Bojonegoro

 

3

April 2008 s/d sekarang

PT HM Sampoerna.Tbk

Program Pustaka Sampoerna

 

Surabaya dan Pasuruan Masing – masing lima (5) Stop Over dan empat (4) TBM

 

Surabaya dan Pasuruan

 

 

 

 

 

Sampoerna Corner,

  • Samcor Univ Brawijaya Malang
  • Samcor ITS
  • Samcor Universitas Diponegoro Semarang
  • Samcor UGM Yogyakarta
  • Samcor Unpad
  • Samcor ITB
  • Samcor USU Palembang

Malang , Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Bandung dan Palembang

4

October 2008

JOB Pertamina – Hess

 

Mobil Pustaka Bersama, satu unit mobil dan

Tujuh Sudut Baca

Kaliberau, Muara Medak, Mendis, Simpang Bayat, Mendis Jaya, Pulau Gading,Bayung Lencir

5

Maret 2009

Bank Indonesia Jakarta

Program Rumah Kreatif

Desa Cipelang kec.Cijeruk, Bogor Jawa barat

Bidang Perpustakaan

Selain aktif memberdayakan perpustakaan untuk masyarakat bersama mitra, YPPI juga tetap aktif dalam berbagai program pengembangan perpustakaan di Indonesia bersama beberapa lembaga nasional dan internasional di antaranya adalah:

1. Coca Cola Foundation

2. UNICEF

3. Plan International

4. Beberapa Perpustakaan Pemerintah dan komunitas

5. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI)

Adapun kegiatan sosial yang aktif diikuti oleh YPPI antara lain :

1. Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI)

2. Asosiasi Pekerja Informasi Sekolah Indonesia (APISI)

3. Ikatan Sarjana Perpustakaan Indonesia (ISPI)

4. Klub Perpustakaan Indonesia (KPI)

5. Forum Perpustakaan Umum Indonesia


Akte, Alamat dan Rekening

Akte notaris no 6, 10 Januari 2007 dengan notaris Hesti Sulistiati Bimasto, SH. NPWP: 02.617.098.5-017.000 atas nama YPPI .

Alamat:

Kantor pusat YPPI berkedudukan di Surabaya dengan alamat :

Jl.Rungkut Permai VIII H – 8 Surabaya Telp : 031-72084044 fax : 031-829-2119

email : pustakaindonesia@gmail.com

web : www.pustakaindonesia.org

blog : www.perpustakaanindonesia.blogspot.com

Rekening:

Bank Mandiri KCP Jakarta Warung Buncit No 127-00-0482998-0,

Bank Mandiri Cab Bojonegoro no : 140-00-0596361-7

Bank BNI 46 Bojonegoro : 151-811-904

Support

Direktur: Haryanti trini

Koord Program: Wahyu Kurniawan

Dev. Financial: Abu Hasan

Dev. IT:

:: Tulisan Paling Terpopuler ::

Agenda dan Kegiatan Rutin YPPI

Stop Over

  • Pemutaran Film
  • Diskusi
  • Ketrampilan Taman Belajar Masyarakat
  • Bakti Sosial
  • Penguatan Kelembagaan
  • Soft Skill
  • Pengembangan unit usaha (Fundrising)

Employee Library

  • Bedah Buku
  • Diskusi Rutin
  • Reward Peminjam terbanyak

Rumah Kreatif

  • Mendongeng
  • Ketrampilan untuk Perempuan
  • Bedah Buku Sudut Baca
  • Berbagai Lomba penulisan
  • Pemutaran film