gravatar

Sharing Bahan Informasi Ilmiah

Kegiatan seminar ke 2 Universitas Brawijaya (UB)

Seminar Sharing Referensi Ilmiah Kegiatan seminar ke 2 di Universitas Brawijaya dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2010. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan beberapa sambutan. Sambutan disampaikan oleh (Musleh) kepala UPT Perpustakaan UB, dilanjut dengan sambutan oleh perwakilan dari pejabat rektorat UB Drs. Subiantoro, Msc. Sebelum acara berlanjut pada acara diskusi, panitia mengarahkan peserta untuk cofee break dahulu agar peserta lebih fresh dan siap mengikuti acara seminar dengan santai dan tidak mengantuk.

Narasumber 1 Dr. Kertahadi, M.Com Diskusi dimulai dengan Narasumber pertama Dr. Kertahadi, M.Com (Fakultas Ilmu Administrasi UB). Materi pertama dalam seminar ini adalah tentang sharing sumber informasi ilmiah (Information Resource Sharing). Narasumber menyampaikan materi dengan semangat diselingi dengan joke-joke yang membuat peserta tersenyum-senyum, misalnya tentang kekeliruan orang-orang menyebut titlenya, banyak yang menganggap bahwa mcom titel mcom adalah singkatan dari magister computer, padahal yang benar adalah magister commerce. Narasumber banyak mengulas tentang pentingnya sharing informasi, karena dengan media inilah kemajuan peradaban manusia akan cepat berlangsung dan saling berlomba. Kegiatan ilmiah adalah kegiatan kontemplasi dan komunikasi. Artinya, seorang peneliti adalah seorang yang tangguh dalam mencari hal baru dengan kekuatan berfikirnya (kontemplasinya) dan dapat mengkomunikasikan apa yang didapatnya, karena mendapat sesuatu yang baru tidak ada artinya kalau tidak dapat dikomunikasikan dengan yang lain, oranglain pun baru akan mengetahui penemuan tersebut bila mengetahui bahwa peneliti tersebut menemukan hal baru.

Dalam peningkatan mutu layanan perpustakaan, para pengelola saat ini sudah harus berfikir untuk membuat strategi-strategi baru untuk mempermudah pengaksesan sumber informasi. Sebagaimana Binary choking pada buku telpon, pengguna akan cepat mencari nama yang diinginkan. Bagaimana dengan sumber informasi lain? Bagaimana pengguna dengan mudah mendapatkan sumber informasi yang benar-benar diinginkannya? Selama ini pengguna mempunyai masalah-masalah seputar pencarian sumber informasi, terkadang mendapatkan sangat sedikit karena kata kunci yang yang diinginkan salah atau memang tidak ada, atau bahkan mendapatkan terlalu banyak, sehingga pengguna menjadi over informasi dan tidak mendapatkan sumber yang dia butuhkan.

Untuk itu diharapkan pustakwan dapat lebih memupuk diri dan dan berusaha meningkatkan kemampuan layanannya, bahkan seorang pustakawan harus sudah bisa menjawab dan memberi informasi kepada pencari sumber informasi. Misalnya dapat memberkan usulan tentang buku yang tepat pada penelitian tertentu.

Narasumber 2 Drs. Syaifuddin, M.Hum Narasumber kedua yang rencananya akan disampaikan oleh Drs. Darmono, M.Si (Kepala Perpustakaan Univ. Negeri Malang) tidak jadi disampaikan karena berhalangan hadir dalam sesi seminar. Selanjutnya materi disampaikan oleh Drs. Syaifuddin, M.Hum. Tema pada sesi ke dua adalah "Pemanfaatan Bersama Sumber Informasi Ilmiah antar Perguruan Tinggi dalam Upaya Memenuhi Kebutuhan Pengguna". Tema tersebut disampaikan dengan landai dan tenang, tidak terlalu banyak joke seperti halnya materi pertama, Syaifuddin menyampaikan dengan santai dan cenderung monotone.

"Dengan berlangganannya perguruan tinggi pada ebook dan ejournal, perguruan tinggi lain yang masih belum dapat berlangganan dapat sharing dengan PT berlangganan" begitu menurut Saifuddin, mengngatkan kepada peserta agar saling berbagi teknologi. Materi ini menjadi materi akhir pada kegiatan ini dengan maksud agar seluruh peserta yang merupakan perwakilan dari PT yang ada di Malang dapat saling berbagi dan join dalam akses informasi dan pengetahuan. Harapannya, semoga kegiatan ini dapat terus berjalan kapan saja sesuai dengan kebutuhan Perguruan Tinggi dalam meningkatkan kualitasnya. (hiz)

Technorati Tags: ,,,

Support

Direktur: Haryanti trini

Koord Program: Wahyu Kurniawan

Dev. Financial: Abu Hasan

Dev. IT:

:: Tulisan Paling Terpopuler ::

Agenda dan Kegiatan Rutin YPPI

Stop Over

  • Pemutaran Film
  • Diskusi
  • Ketrampilan Taman Belajar Masyarakat
  • Bakti Sosial
  • Penguatan Kelembagaan
  • Soft Skill
  • Pengembangan unit usaha (Fundrising)

Employee Library

  • Bedah Buku
  • Diskusi Rutin
  • Reward Peminjam terbanyak

Rumah Kreatif

  • Mendongeng
  • Ketrampilan untuk Perempuan
  • Bedah Buku Sudut Baca
  • Berbagai Lomba penulisan
  • Pemutaran film