gravatar

Capacity Building Anggota YPPI

Wah … Ruar biasa …

Kira-kira kata itulah yang bisa menggambarkan aktivitas YPPI selama jumat, sabtu, dan minggu 18-20 Des 2009. Pada hari itu YPPI mengadakan kegiatan untuk seluruh anggota YPPI plus suami, istri, dan anak-anak. Mengambil lokasi di Hotel Vanda Villa Gardenia Trawas Mojokerto. Dengan view yang menarik serta fasilitas lengkap, menjadikan anggota yang hadir benar-benar dapat merasakan kenikmatan refreshing, sekaligus menyelesaikan penyusunan Rencana Kerja untuk 2010.

Kegiatan terbagi menjadi dua bagian, pertama diperuntukkan anggota YPPI bagian teknis lapangan, seperti Layanan STO dan TBM, bagian kedua diperuntukkan mereka yang memegang tanggung jawab managerial. Kelompok pertama mendapatkan tambahan-tambahan skill individu yang istilah kerennya “Capacity Building,”  dengan tema-tema kepribadian dan interaksi sosial seperti; effective communication dan leadership, Community Organizer, dan Community Development. Kelompok kedua, mempunyai tanggung jawab untuk mereview program kerja selama tahun 2009 dan menyusun rencana kerja untuk 2010.

DSC02665Hari pertama setelah peserta sampai di lokasi, langsung dilanjutkan dengan acara pembukaan. Seluruh peserta kumpul dalam satu ruangan untuk mengadakan ceremony seadanya dan pembukaan acara oleh Direktur YPPI Trini Haryanti. Ceremony selesai, peserta langsung menuju kamar masing-masing untuk persiapan memulai agenda acara masing-masing kelompok. Kelompok pertama memolai kegiatan pertama mereka di ruang pembukaan dengan materi Effective Communication dipandu oleh Mas Gandi pegiat pada LSM yang menangani pemulung, sedangkan kelompok dua langsung menuju ruang pertemuan mereka untuk melakukan review pada porgram kerja selama satu tahun ini.

DSC02740 Pada malam hari, kedua kelompok berkumpul kembali di ruang pembukaan, seluruh anggota YPPI mendapatkan tambahan pengetahuan dan skill tentang Community Development dan Community Organizer yang dipandu oleh Warno Hadi Winarno tokoh yang telah malang-melintang didunia LSM. Dengan penyampaian yang menarik dan enerjik dengan bumbu-bumbu game yang semakin memanaskan suasana.

Materi yang disampaikan untuk anggota yppi bagian teknis lapangan sangat menarik. Mereka yang awalnya tidak biasa berbicara didepan forum, setelah mendapatkan materi kominkasi efektif jadi lugas dan bersemangat ketika berbicara bahkan ketika berada dalam suatu forum. Hal ini lebih karena mereka telah mendapatkan materi-materi yang disampaikan dengan menyenangkan, sehingga mereka tidak terasa mendapatkan tambahan-tambahan kepercayaan diri dan dapat berkomunikasi secara efektif.

DSC01624 Hari terakhir, minggu merupakan hari yang penuh tawa, karena pada hari itu seluruh anggota digiring untuk mengikuti outbond. Sejak pukul 06.00 mereka langsung berbaris untuk mengikuti senam yang dipandu dari pihak hotel. Mungkin karena yang memandu benar-benar sehat dan enak dilihat, menjadikan seluruh peserta menjadi semakin semangat mengikuti senam dengan bermacam gaya dan ekspresi. Ada yang sudah lentur, ada yang kaku-kaku namun semua ceria dan tertawa-tawa.

Ada macam-maca permainan yang dimainkan pada outbond ini, diantaranya adalah the A team, permainan ini menggunakan media bambu yang ditata menjadi huruf A dengan tali diujungnya. Satu anggota naik pada bambu pada garis tengah huruf A, lainnya memegang tali dan menarik sesuai dengan perintah anggota yang berada pada bambu, bambu huruf A tadi harus dijalankan dengan cara menarik sisi kanan dan kiri untuk melangkan mengambil tiga bola yang diletakkan instruktur. Seluruh peserta mengeluarkan peluh, sambil tertawa-tawa mereka sekuat tenaga menarik tali untuk menjalankan bambu, dan akhirnya terkumpullah semua bola.

DSC01664 Game kedua adalah pulau dan jembatan setan, uiih serem. Ya, memang serem karena seluruh anggota harus dapat menyeberang diantara kotak-kotak dengan memakai papan kayu yang sudah disediakan. Sulit memang game ini, karena ada sebagian anggota yang over weight … he he he, tentunya susah sekali membantu menyeberangkan karena harus mempunyai beban yang sama pada pulau sebelumnya. Mas Toni sebagai anggota tersehat, beratnya baru sebanding dengan tiga anggota YPPI, ida, hizbul, dan anto. Tapi dengan segala upaya, akhirnya sampai juga seluruh anggota menyeberang dari pulau ke pulau yang lain.

 DSC09125 Acara outbond diakhiri dengan game flying fox, bagi yang jantungan jangan mencoba game ini, belum sampai di tujuan bisa koid. Satu persatu anggota mencoba mengikatkan tali pada tubuhnya, hizbul mendapatkan giliran pertama, setelah semua tali sudah dipasang kuat-kuat, pengaitpun di kaitkan pada tali flying fox, dan wuss . . . meluncurlah dia melewati jurang-jurang kecil . . . dan akhirnya sampai pada ujung tali diseberang sana. Hujan turus deras sekali, untungnya semua anggota sudah selesai menikmati aliran adrenalin ketika meluncur seperti musang.DSC09019

Support

Direktur: Haryanti trini

Koord Program: Wahyu Kurniawan

Dev. Financial: Abu Hasan

Dev. IT:

:: Tulisan Paling Terpopuler ::

Agenda dan Kegiatan Rutin YPPI

Stop Over

  • Pemutaran Film
  • Diskusi
  • Ketrampilan Taman Belajar Masyarakat
  • Bakti Sosial
  • Penguatan Kelembagaan
  • Soft Skill
  • Pengembangan unit usaha (Fundrising)

Employee Library

  • Bedah Buku
  • Diskusi Rutin
  • Reward Peminjam terbanyak

Rumah Kreatif

  • Mendongeng
  • Ketrampilan untuk Perempuan
  • Bedah Buku Sudut Baca
  • Berbagai Lomba penulisan
  • Pemutaran film