gravatar

Sampoerna Corner di Universitas Brawijaya

IMGP2798 Perpustakaan Sampoerna di perguruan tinggi atau yang lebih dikenal dengan Sampoerna Corner, saat ini sedang mendapatkan perhatian khusus. Untuk meningkatkan fungsi dan pelayanan kepada civitas akademika, Sampoerna Corner sedang menggali kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan oleh pengguna. Kegiatan ini akan menghasilkan bahan-bahan penting yang dapat digunakan untuk menjadi landasan dalam meningkatkan pelayanan Sampoerna Corner di masa yang akan datang.

Sampoerna Corner di kampus Universitas Brawijaya Malang merupakan perpustakaan mungil yang berada diantara komplek perpustakaan pusat UNIBRAW. Posisinya yang berada di pojok belakang, menjadikan corner ini nyaman untuk dikunjungi dan jauh dari kebisingan. Ruangan dalam corner ber-AC, lengkap dengan TV kabel dan fasilitas internet gratis dengan tempat duduk yang ditata saling berhadapan menjadikannya sangat baik untuk membaca santai dan sebagai ajang diskusi mahasiswa yang berkunjung. Setidaknya gambaran inilah yang mencerminkan kondisi ruang dalam Sampoerna Corner. Semua fasilitas yang ada di dalam Sampoerna corner dapat digunakan oleh mahasiswa, koleksi buku yang ada, sebagian besar adalah buku-buku umum yang dapat dimanfaatkan sebagai penambah pengetahuan selain buku handbook yang ada di perpustakaan pusat.  IMGP2801

Lokasi dan tataruang, serta fasilitas lain dari Sampoerna Corner yang sebenarnya dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh Civitas Akademika, senyatanya masih belum dapat dimanfaatkan secara maksimal. Posisinya yang berada di pojok belakang, sulit diketahui oleh mahasiswa kebanyakan, karena tidak ada informasi yang menyatakan keberadaan Sampoerna Corner di pintu masuk perpustakaan pusat. Hanya mahasiswa tertentu yang mengetahui Sampoerna Corner, sebagian besar karena diberitahu teman yang lain. Pun begitu mereka biasanya berkunjung ke Sampoerna Corner untuk memanfaatkan fasilitas internet gratis. Sebagian kecil saja yang berkunjung memang untuk keperluan membaca buku koleksi. Televisi kabel yang sudah berlangganan sejak pertama kali didirikan, ternyata tidak ditayangkan sebagaimana pengalaman selama dua hari berada dilokasi, baik oleh petugas yang sedang berjaga, maupun atas request pengunjung. Bahkan hampir semua pengunjung tidak mengetahui bahwa di Sampoerna Corner tersedia channel TV berbayar. Sampai-sampai diantara pengunjung malah mengusulkan disediakannya layanan TV yang lebih edukatif seperti Discovery Channel atau National Geographic, ya naif memang.

IMGP2823 Antusiasme pengunjung sangat tinggi, meski hanya didasarkan pada keperluan akses internet gratis. Diantara mereka sangat menginginkan ditambahkannya unit PC yang ada sehingga dapat mengakomodasi lebih banyak mahasiswa yang tidak dapat mengakses layanan hotspot dari pusat. Selain penambahan unit PC mereka juga berharap layanan internet di Sampoerna Corner dapat dipercepat, karena selama ini yang terkenal dari internet di samcor adalah internet yang sangat lambat, atau lemot bahasa Malang-nya.

Meski mereka membaca buku hanya karena untuk mengisi waktu menunggu giliran menggunakan internet, tidak sedikit pula diantara mereka yang meminjam buku. Menurut mereka, buku yang disediakan adalah buku yang tidak ada di perpustakaan pusat, sehingga mereka mendapatkan tambahan pengetahuan umum selain dari buku hand book. Karena koleksi buku di Samcor terkesan lebih unik, pengunjung menginginkan agar buku di Samcor dapat dipinjam lebih lama, karena sebagian besar bukunya adalah buku dengan label merah, yakni buku yang hanya dapat dipinjam 3 hari, karena sesuai dengan kebijakan kampus bahwa buku yang berjumlah 1-2 adalah buku merah, ya tentunya tidak dapat dipinjam lama karena keterbatasan jumlah. Untuk memenuhi keinginan pengunjung agar dapat meminjam buku lebih lama, tentunya harus merubah label menjadi putih dengan menambah jumlah buku.  

IMGP2818 Pelayanan petugas di samcor Universitas Brawijaya sesuai dengan kondisi yang selama ini sudah berlangsung. Bila pengunjung kebanyakan adalah antrian internet, petugas tak ubahnya adalah penjaga warnet plus melayani peminjaman buku. Akan berbeda sekali apabila Sampoerna Corner dapat menjadi pusat kecil kegiatan di kampus, adanya event-event tertentu, akan membutuhkan petugas layanan yang lebih atraktif dan proaktif dalam menjamin terkelolannya kegiatan mahasiswa dengan baik. Tentusaja harapan kedepannya seperti itu, karena kondisi sementara, gambaran umum Samporna Corner di Brawijaya adalah warung internet gratis yang lambat. 

Pejabat akademis Universitas Brawijaya pada dasarnya sangat berharap adanya keberlanjutan Sampoerna Corner dengan pengembangan-pengembangan yang lebih baik. Sampoerna Corner Brawijaya juga selalu mengadakan event pengunjung favorit yang didasarkan pada rutinitas berkunjung ke Sampoerna Corner. Pengadaan-pengadaan fasilitas tertentu akan sangat membantu mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan mereka. Selain itu, para pengelola perpustakaan juga berharap adanya regularitas komunikasi antar pengelola sampoerna corner dari perguruan tinggi lain, sehingga dapat saling berdialog bagaimana mengantarkan Sampoerna Corner menjadi corner yang dapat membentuk jiwa-jiwa ideal bagi mahasiswa. Selain para pejabat pengelola, diantara mahasiswa juga berharap agar dibentuk komunitas tertentu misalnya komunitas pengguna sampoerna corner, sehingga mereka dapat saling bertukar fikiran dan mungkin juga saling berkomunikasi dengan komunitas samcor di perguruan tinggi lain, dan tentu saja mereka juga mengharapkan adanya support langsung dari Sampoerna, demi memajukan mahasiswa menjadi agen pengetahuan yang ideal.

Support

Direktur: Haryanti trini

Koord Program: Wahyu Kurniawan

Dev. Financial: Abu Hasan

Dev. IT:

:: Tulisan Paling Terpopuler ::

Agenda dan Kegiatan Rutin YPPI

Stop Over

  • Pemutaran Film
  • Diskusi
  • Ketrampilan Taman Belajar Masyarakat
  • Bakti Sosial
  • Penguatan Kelembagaan
  • Soft Skill
  • Pengembangan unit usaha (Fundrising)

Employee Library

  • Bedah Buku
  • Diskusi Rutin
  • Reward Peminjam terbanyak

Rumah Kreatif

  • Mendongeng
  • Ketrampilan untuk Perempuan
  • Bedah Buku Sudut Baca
  • Berbagai Lomba penulisan
  • Pemutaran film