gravatar

Existensi Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia di Bojonegoro

Mobil Layanan Informasi
Mobil Layanan Informasi (MOLI) yang sering mangkal di beberapa tempat di Banyuurip dan wira wiri di kota Bojonegoro sudah mulai terlihat sejak Mei 2008. Petugas Moli yang namanya Astrid, Mila, Tya, Wahid, Satar mungkin sudah mulai dikenal dibeberapa tempat yang menjadi target sasaran. Kegiatan Moli lebih pada layanan peminjaman buku dan baca di tempat.
Keberadaan MOLI ini sudah dirasakan manfaatnya oleh sebagian kecil masyarakat, kalau toh suatu saat MOLI “Menghilang” bukan berarti program selesai tapi pada hal tehnis administrasi sehingga layanan terganggu.
YPPI sebagai mitra MCL yang diberikan amanah untuk menjalankan program tersebut, program dan kontrak kerja selama 1 tahun terhitung Oktober 2007 sampai November 2008. Kenapa kerjasama yang dimulai bulan Oktober 2007 tapi MOLI baru keluar Mei 2008.

Selama bulan Februari sampai April 2008, mobil belum bisa dikeluarkan untuk layanan sebelum launching. Ternyata launching tidak dilakukan dan YPPI diminta hadir diacara gathering dengan rekan rekan wartawan di MCL pada awal bulan Mei bersama MOLI.
Selama masa kevacuman tersebut MOLI tetap berada di base camp YPPI di Wisma Indah Blok G 107 Bojonegoro.

PROGRAM MOLI
Layanan MOLI dimulai awal MEI 2008, dengan 11 titik layanan di kota dan 11 titik layanan di wilayah Banyuurip.
Antusiasme masyarakat sangat bagus, terlihat dari jumlah pengunjung dan peminjam buku. Namun layanan yang monoton membuat kejenuhan dari masyarakat. MOLI sesekali mengadakan pemutaran film, tapi tidak dilanjutkan dengan diskusi maupun menulis.
Kegiatan lainnya yang dilakukan adalah mengadakan lomba saat bulan Agustus bersama anak SD Mojodelik, selain lomba mendongeng, kreativitas dan menulis juga diadakan kegiatan buka puasa bersama di Kantor YPPI.
Diskusi rutin pernah dilakukan selama 2 bulan di Gedung MCl Jl.Untung Suropati 150 Bojonegoro, dalam diskusi tersebut hadir kelompok siswa siswi mulai dari tigkat SD, SMP, dan SMA. Diskusi juga diikuti oleh kelompok guru.
Hasil diskusi dirangkum dan akan ditindak lanjuti untuk menyusun Program tahun 2009, namun ketika Proposal tahun 2009 dikirim via email, tidak ada respon dan tidak ada kelanjutan, sampai pada akhirnya MOLI harus di hand over.
Dalam kontrak kerja yang disertai lampiran kegiatan selama satu tahun program adalah kegiatan penjajagan. Penjajagan dimaksudkan untuk menggali kebutuhan dan potensi kegiatan yang akan dilakukan di tahun berikutnya. YPPI berharap dengan tahun pertama maka akan dikembangkan ditahun selanjutnya, namun hal ini tidak dilakukan kerena dalam kontrak kerja disebutkan bahwa akan dilakukan hand over ke lembaga lokal.
Hand Over MOLI
Hand over dimulai pertengahan Desember 2008 dan akan berakhir Februai 2009, proses hand over diawali dengan kegiatan pendampingan dengan materi yang sudah disepakati. Team yang menerima hand over dengan YPPI melakukan praktek layanan dan in house training. Selama 3 bulan proses hand over, dilakukan evaluasi per 2 minggu dengan dihadiri oleh MCL. Rencananya Mobil Pusat Informasi dan fasilitas lainnya akan diserahkan kepada penerima hand over. Selesai hand over, tidak secara otomatis MOLI diserahkan namun perlu diselesaikan terlebih dahulu balik nama Kendaraan dan Mutasi kendaraan. Selama MOLI masih atas nama YPPI maka tidak akan diserahkan ke MCL, karena terkait dengan legalitas. Namun demikian BPKB mobil beserta surat Mutasi berada di MCL.
Bagaimana Dengan YPPI
Dengan berakhirnya kerjasama antara MCL dengan YPPI, maka keberadaan YPPI di Bojonegoro untuk sementara tidak aktive lagi. YPPI sedang berupaya untuk terus exist di Bojonegoro untuk melakukan program Perpustakaan, baik melalui Taman Bacaan maupun layanan keliling.
Ada 1.200 buku bantuan dari Perpusnas yang tentunya itu menjadi bagian dari hak masyarakat, namun demikian YPPI akan menyalurkan dan menggunakannya dengan baik.
Upaya YPPI untuk terus exist di Bojonegoro adalah dalam rangka pengembangan program perpustakaan. Sekalipun kelanjutan program tersebut tidak dengan MCL.
YPPI berfikir bahwa MCL bukan satu satunya pemain di Bojonegoro, MCL bukan segala galanya bagi YPPI. Kepedulian YPPI terhadap kecerdasan Masyarakat menjadi entry point atas program pengembangan perpustakaan dimanapun berada di seluruh wilayah Indonesia.
YPPI dan Masyarakat
Selama memberikan layanan MOLI tentunya petugas YPPI tidak terlepas dari segala kekurangan dan kesalahan, untuk itu atas nama team dan lembaga YPPI mengucapakan permohonan maaf . YPPI juga mengucapkan terima kasih kepada MCL yang telah memberikan kepercayaan kepada YPPI menjalankan program Moli. Ucapan terima kasih, juga disampaikan kepada masyarakat Bojonegoro, teman2 LSM, lembaga/ instansi pemerintah dan swasta, Suara Banyuurip, tetangga dan kerabat yang telah banyak membantu, baik moril maupun material.
Semoga MOLI tetap bermanfaat bagi masyarakat dan kita tetap menjaga silaturahmi.
MCL dan MOLI
Keberadaan MOLI yang menjadi kebanggaan bagi MCL tentunya diharapkan terus layanan tanpa terpengaruh apapun yang terjadi antara MCL dengan Mitra pelaksana.
Masyarakat sangat merasakan manfaat MOLI dan berharap program tersebut terus berkembang dengan berbagai kegiatan yang membawa dampak terhadap pencerdasan masyarakat.
http://www.pustakaindonesia.org/http://www.perpustakaanindonesia.blogspot.com/

Support

Direktur: Haryanti trini

Koord Program: Wahyu Kurniawan

Dev. Financial: Abu Hasan

Dev. IT:

:: Tulisan Paling Terpopuler ::

Agenda dan Kegiatan Rutin YPPI

Stop Over

  • Pemutaran Film
  • Diskusi
  • Ketrampilan Taman Belajar Masyarakat
  • Bakti Sosial
  • Penguatan Kelembagaan
  • Soft Skill
  • Pengembangan unit usaha (Fundrising)

Employee Library

  • Bedah Buku
  • Diskusi Rutin
  • Reward Peminjam terbanyak

Rumah Kreatif

  • Mendongeng
  • Ketrampilan untuk Perempuan
  • Bedah Buku Sudut Baca
  • Berbagai Lomba penulisan
  • Pemutaran film